Sejarah WordPress

Sejarah WordPress diawali pada tahun 2003 di mana dua developer, Matt Mullenweg dan Mike Little, membuat platform blogging baru karena software b2/cafeblog dihentikan. Segera setelah proyek tersebut ditinggalkan, kedua developer tersebut memutuskan untuk mengambil alih, mempertahankan, dan melanjutkan pengembangan dengan cara mereka sendiri.

Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Tampilan awalnya benar-benar berbeda dari CMS WordPress sekarang yang sudah kaya fitur. Meski demikian, versi pertama ini sudah menawarkan sebagian besar fitur inti yang kita gunakan hari ini, misalnya editor WordPress, proses instalasi yang mudah, permalink, sistem manajemen user, kemampuan memoderasi komentar, dan lain sebagainya.

Sejak tahun 2004, WordPress telah melalui banyak sekali proses transformasi. Kini, WordPress dikembangkan, dikelola, dan di-maintain oleh komunitas open-source berdedikasi yang terdiri atas ribuan pengguna di seluruh dunia. Pengguna ini bekerja secara remote, sebagian dari mereka bekerja secara sukarela tanpa dibayar, dan ada yang bertemu langsung di konferensi distribusi WordPress yang disebut WordCamp. WordPress masih terus dikembangkan, dan versi baru dirilis setiap 2 atau 3 bulan. Setiap versi membawa fitur dan sistem keamanan terbaru yang telah diupdate ke platform.

Comments